Senin, 04 Mei 2009

Dana dan Kapasitas Guru untuk Pengajaran yang Baik


Bireuen, - Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Makmur Bireuen Razali, Sabtu (2/5), mengatakan, untuk memberikan siswa-siswi metode mengajar yang baik, dana menjadi salah satu alat untuk mendukung.

Kapasitas guru juga akan mendukung apabila dinas pendidikan atau lembaga lainnya sering memberikan bantuan pelatihan dengan metode terbaru.

Razali mengatakan, alam di sekeliling sekolah memang membantu menyediakan bahan yang bisa digunakan sebagai media pengantar belajar. Meskipun demikian, untuk mengolahnya menjadi media pembelajaran yang cukup baik, diperlukan dana yang cukup besar. ”Tapi, memang tidak semuanya,” tutur Razali.

Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Lhokseumawe Mustafa Hasyem mengatakan, yang paling penting dikerjakan guru dan manajemen sekolah guna meningkatkan kreativitas siswa-siswi adalah kesatuan konsep antara kurikulum dan kapasitas yang dimiliki para guru.

Banyak membaca dan memperluas pengetahuan para guru, kata Mustafa, membuat guru menjadi lebih kreatif dalam memberikan bahan ajar kepada siswa-siswi.

Sementara itu, Antara melaporkan, selambatnya pada tahun 2010 semua guru di Sumatera Utara (Sumut) yang mengajar di semua sekolah, dari jenjang SD sampai SMA, sudah bergelar sarjana (S-1).

Wakil Gubernur Sumut Gatot Pudjo Nugroho mengatakan, di Sumut kini terdapat sedikitnya 179 guru yang tersebar di kota/ kabupaten hingga di daerah-daerah terpencil. Dari jumlah itu 102.000 guru belum berjenjang pendidikan S-1.

”Pemprov Sumut bersama pemerintah kabupaten/kota berencana memberikan beasiswa bagi guru yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang sarjana demi peningkatan mutu pendidikan di Sumut,” katanya.

Ia mengatakan, untuk mendanai beasiswa bagi para guru tersebut, Pemprov Sumut dengan pemerintah kabupaten/kota membuat kesepakatan.

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar