Jumat, 19 Juni 2009

Harga Kakao Dimadina Turun

Panyabungan,Wartamadina
Harga Kakao ( Coklat ) di Mandailing Natal khususnya dipemasaran Panyabungan terus mengalami penurunan,sehingga para petani kakao yang ada di Madina semakin terpuruk. Untuk minggu ini saja harga kakao hanya berkisar Rp.16 000/kgnya, padahal pada minggu yang lalu sudah mencapai Rp.24.000/kgnya.
Aswin Rangkuty salah seorang Petani Kakao yang ada di desa Pagur Kecamatan Panyabungan Timur, Kamis (18/6) mengungkapkan sangat heran dengan turunnya harga jual kakao yang cukup signifikan. ”Pada minggu yang lalu kita menjual kakao ( Coklat ) kering masih bertahan pada harga Rp.24.000 namun pada saat ini turun sudah mencapai Rp.16.000/kgnya dan sedangkan kakao yang basah bisa lebih murah lagi,” sebut aswin.
“ Turunnya harga kakao sangat menyulitkan para petani kakao karena pada setiap minggunya masyarakat yang ada di daerahnya hanya mengandalkan kehidupan dari kakao dan bila harga kakao terus menerus turun ia prediksikan kehidupan mereka akan semakin sulit”
“Kita sangat berharap agar Pemerintah untuk bisa memperhatikan para petani kakao yang ada di Madina karena harga kakao terus mengalami penurunan yang nantinya akan menyulitkan kehidupan para petani, dan kita sangat berharap agar harga kakao untuk bisa stabil lagi,”harapnya.
Sementara ituinformasi yang diperoleh wartamadina dari toke – toke (saudagar) kakao yang ada di pasar – pasar tradisional menyebutkan mereka membeli kakao dari para petani sudah disesuaikan dengan harga semestinya dan mereka tidak membuat harga sesukanya.
”harga yang kita beli sudah sesuai dengan harga pasar,kalau memang naik kita juga akan membelinya dengan harga semestinya,”kata salah seorang toke pengumpul kakao yang ada di Panyabungan Timur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar